Kekuatan Sebuah Program TV

Kekuatan sebuah program TV atau Film dapat dilihat dari :
1. Kekuatan Suasana
Suasana apakah yang ada dalam gambar. Suasana, dalam arti membawa kita kepada sebuah emosi tertentu sehingga mempengaruhi dalam menikmati program. Apakah suasana itu membuat kita ke dalam mood yang sedih, melankolis atau ceriakah? Sumbangan terbesar dalam membentuk suasana tersebut tercipta oleh lighting dan setting juga selain unsur visual lainnya.
2. Kekuatan Cara Penyajian
Hal ini lebih kepada bagaimana cara menyampaikan program secara baik atau tidak seperti cara yang sudah ada sebelumnya. Mungkin secara isi program sama dengan yang sudah ada tetapi jika dikemas dengan cara yang lain maka akan menjadi nilai lebih pada program tersebut. Cara penyajian bisa dilihat dari keutuhan sebuah program yang tercipta oleh camera work, pengadeganan, gaya lighting, warna setting, gaya editing dan visual efek,etc.
3. Kekuatan isi atau pesan
Selain melihat kedua kekuatan di atas maka kita bisa melihat program dari segi isi atau pesan yang ingin disampaikan (in depth). Kedalaman isi dan pesan adalah bagian terpenting dari sebuah program dimana kekuatan cara penyajian dan kekuatan suasana sebatas menjadi pendukung di dalamnya.
Sebuah progam yang baik mempunyai 3 kekuatan tersebut. Saat membuat program kita berangkat dari pemikiran bahwa ada yang harus ditekankan dari salah satu kekuatan tersebut. Hal ini disesuaikan dengan desain produksi dan konsep program yang telah dirancang.


Jakarta 26 Maret 2007
Fredy Aryanto


Bahan Referensi :
1. Digital Video Hand Book. Oleh : Pete May
2. Cinematography, theory and practice. Oleh : Blain Brown
3. WorkShop, Bentuk Dokumenter: Realitas Pribadi dan Sosial, 2002
4. Pengalaman Penulis

0 komentar:

Posting Komentar